Senin, 28 September 2015

Mau Upgrade ke Windows 10 Tapi Tidak Dapat Notifikasi? Ini Cara Memunculkannya



Metrotvnews.com: Microsoft akhirnya meluncurkan Windows 10. Untuk pertama kalinya, Microsoft memberikan upgrade gratis bagi para pengguna Windows 7 dan 8.1.

Proses upgrade boleh dibilang cukup mudah. Anda akan diberikan notifikasi yang akan muncul di bagian "notification area" (bagian ujung kanan bawah, bersebelahan dengan jam) di PC Anda. Melalui notifikasi tersebut, Windows akan mengunduh file Windows 10 dan akan di-install secara otomatis.

Sayangnya, beberapa PC mungkin tak akan mendapatkan notifikasi tersebut. Menurut Microsoft, hal tersebut dikarenakan beberapa faktor berikut:

1. Perangkat Anda tidak menggunakan versi terbaru dari Windows 7 SP1 atau Windows 8.1.
2. Windows Update pada perangkat Anda dimatikan atau dibuat agar tidak secara otomatis menerima update dari Microsoft.
3. Anda telah memblokir atau menghapus file update yang diperlukan untuk melakukan upgrade ke Windows 10.
4. Anda tidak menggunakan Windows asli.
5. Perangkat Anda menggunakan Windows 7 Enterprise, Windows 8/8.1 Enterprise atau Windows RT/RT 8.1. Semua versi Windows tersebut memang tak mendapatkan update secara otomatis.
6. Perangkat Anda merupakan bagian dari jaringan bisnis atau sekolah.

Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara agar Anda dapat memunculkan notifikasi upgrade tersebut di PC Anda. Perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya dapat digunakan hanya pada kondisi 1, 2, dan 3 pada faktor yang kami tuliskan di atas.

Selain itu, sebaiknya Anda melakukan metode konvensional, dengan melakukanupdate pada Windows Anda. Jika notifikasi upgrade masih belum muncul, Anda dapat melakukan metode berikut ini:

1. Buka Notepad
2. Salin kode di bawah ini.
REG QUERY "HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\AppCompatFlags\UpgradeExperienceIndicators" /v UpgEx | findstr UpgEx
if "%errorlevel%" == "0" GOTO RunGWX
reg add "HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\AppCompatFlags\Appraiser" /v UtcOnetimeSend /t REG_DWORD /d 1 /f
schtasks /run /TN "\Microsoft\Windows\Application Experience\Microsoft Compatibility Appraiser"
:CompatCheckRunning
schtasks /query /TN "\Microsoft\Windows\Application Experience\Microsoft Compatibility Appraiser"
schtasks /query /TN "\Microsoft\Windows\Application Experience\Microsoft Compatibility Appraiser" | findstr Ready
if NOT "%errorlevel%" == "0" ping localhost >nul &goto :CompatCheckRunning
:RunGWX
schtasks /run /TN "\Microsoft\Windows\Setup\gwx\refreshgwxconfig"
3. Setelah itu klik Save As
4. Namai file tersebut dengan ReserveWin10.cmd
5. Pada bagian "Save as type", pilih "All files (*.*)
6. Pilih folder di mana Anda hendak menyimpan dokumen tersebut. Misalnya, Anda menyimpan file tersebut pada C:/Temp.
7. Buka Command Prompt sebagai Administrator. Anda dapat melakukan hal ini dengan mengetikkan Command Prompt pada search box. Setelah muncul program yang tepat, klik kanan dan pilih "Run as administrator".
8. Jalankan file ReserveWin10.cmd tadi. Anda dapat melakukan hal ini dengan mengetikkan nama folder/ReserveWin10.cmd. Dengan contoh di atas, maka Anda cukup mengetikkan C:/Temp/ReserveWin10.cmd sebelum menekan tombol enter.

Program tersebut adalah Microsoft Compatibility Appraiser. Program ini akan berjalan selama 10 hingga 30 menit. Jika program tersebut masih belum dapat memunculkan notifikasi upgrade, bararti Anda kehilangan beberapa file updatepada Windows Anda. File update yang harus ada di antaranya adalah:

Untuk Windows 7 SP1:
KB3035583
KB2952664
Untuk Windows 8.1:
KB3035583
KB2976978

Anda dapat memeriksa keberadaan file tersebut secara manual dengan mengetikkan kode berikut di command prompt:
dism /online /get-packages | findstr 3035583 (ubah deretan angka terakhir dengan deretan angka seri update yang Anda cari)
Jika Anda memiliki file update tersebut, hasilnya akan seperti ini:
C:\>dism /online /get-packages | findstr 3035583
Package Identity : Package_for_KB3035583~31bf3856ad364e35~amd64~~6.3.1.29
Setelah notifikasi muncul, Anda dapat melakukan upgrade ke Windows 10 secara otomatis atau dengan mengunduh file-nya dengan menggunakan Windows Media Creation Tool yang disediakan di situs resmi Microsoft.

Selain cara njelimet di atas, Anda dapat mengecek apakah ada pembaruan yang terlewatkan. Caranya, buka Control Panel, lalu cari Windows Update. Microsoft seharusnya menampilkan update yang tersedia jika memang Anda jarang sekali memperbarui perangkat lunak perangkat.

Unduh semua update yang tersedia, jika sudah demikian, seharusnya notifikasi beralih ke Windows 10 sudah tersedia di pojok kanan bawah PC atau laptop Anda. 
ABE

Sumber : http://teknologi.metrotvnews.com/read/2015/07/31/417148/tidak-dapat-notifikasi-upgrade-ke-windows-10-ini-cara-memunculkannya

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. KomputerKu . All Rights Reserved
//page number